Kamis, 04 Februari 2010

Awal 2010, Ibu Kota Tapsel Pindah ke Sipirok

10:49 | Thursday, 31 December 2009 (sumut pos)

MEDAN-Penentuan ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan menemui titik terang. Rencananya, awal 2010 Sipirok dijadikan sebagai ibu kota Tapsel yang sebelumnya berada di Padang Sidimpuan.

Menurut Anggota DPD RI, Rahmat Shah yang sengaja berkunjung ke Tapsel mengatakan, terjadinya perbedaan harapan masyarakat yang didasari UU No 37 dan 38 Tahun 2007 dengan keinginan kepala daerah, dapat menghambat proses pembangunan serta memicu ketidakkondusifan. “Hal ini berdasarkan surat yang disampaikan elemen masyarakat kepada DPD RI,” ujar Rahmat.

Dikatakan dia, hasil pertemuan dengan pihak pemerintah kabupaten yang diwakili sekretaris daerah serta kunjungan langsung dan tatap muka dengan elemen masyarakat setempat yang dilaksanakan di Hotel Nantama, Padangsidempuan, bahwa Bupati Tapsel akan merealisasikan pemindahan ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan ke Sipirok secara bertahap mulai awal tahun 2010. Hal ini juga sejalan dengan amanah UU.
Selain itu, dalam rangka pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung tahun 2010 di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal, menurut Rahmat, DPD RI menekankan perlunya dibuat dan ditandatangani fakta integritas oleh masing-masing calon kepala daerah yang juga disaksikan berbagai elemen masyarakat setempat, yang apabila terpilih kepala daerah tersebut wajib melaksanakan butir-butir prioritas pembangunan yang tercantum dalam pakta integritas.

“Sehingga dengan demikian, apabila setelah terpilih kepala daerah tidak melaksanakannya akan mendapatkan sanksi yang tegas dari masyarakat setempat,” pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar